Langsung ke konten utama

CONTROL PANEL HOSTTING

                                        
TEKNIK KOMPUER DAN JARINGAN
 NUR ALAMSYAH


DATA DIRI:

JAKARTA,05 APRIL 2000 

LAKI LAKI

Belum menikah

Kmp.Menceng Jalan Toram Dalam. Gg Primadona
RT.007 RW 05
KEL.TEGAL ALUR 
KEC.KALIDERES
JAKARTA BARAT

INFO TAMBAHAN:

  • hobby          : main bola
  • nomer tlpn  :-
  • gmail           :  nuralamsyah3366@gmail.com


RIWAYAT PENDIDIKAN:

  • 2008-2014 ( MADARASAH MI NURUL IMAN)
  • 2014-2017 (SMP NEGERI 190 JAKARTA) 
  • 2017-2020 (SMK CENGKARENG 1)


ARTIKEL MENGENAI CONTROL PANEL HOSTING.

Pengertian Control Panel Hosting

Control panel hosting adalah tool yang akan membuat Anda dapat melakukan manajemen seluruh aspek layanan hosting. Melalui hosting control panel, Anda bisa melakukan beragam pengaturan pada sistem admin yang kompleks dengan hanya melakukan beberapa klik pada interface admin. Sebelum ada hosting control panel, aktivitas tingkat lanjut pada sistem admin dilakukan dalam secara manual.
Selain itu, dibutuhkan waktu yang tidak lama untuk mengerjakan dan melakukan pengaturan tersebut. Beberapa aktivitas tingkat lanjut, diantaranya migrasi server dan pergantian web server dapat dilakukan dengan hanya melakukan beberapa klik. Terdapat banyak hosting control panel yang bisa Anda gunakan, baik yang gratis maupun yang berbayar.

6 Aspek Penting Control Panel Hosting

Sebelum memilih hosting panel control, Anda dapat mempertimbangkan 6 aspek ini. Dengan begitu Anda bisa memilih control panel hosting yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

1. Mudah Dioperasikan

Sebuah hosting control panel harus mudah dioperasikan dan diatur. Sederhana, fungsional, dan tidak membingungkan merupakan kualitas yang harus Anda cari daro sebuah panel hosting.

2. Cocok dengan Sistem Operasi

Keserasian dengan sistem operasi Anda. Jangan sampai Anda yang menggunakan Windows memilih hosting panel untuk Linux. Tentu saja hal tersebut salah dan tidak akan berfungsi.

3. Layanan Support

Sebaik apapun Anda pasti akan membutuhkan dukungan, baik dari pembuat hosting panel maupun dari forum yang berbicara mengenai berbagai masalah yang muncul. Lebih-lebih jika Anda seorang pemula, Anda wajib menggunakan hosting panel yang menyediakan dukungan penuh.

4. Dukungan Software

Pilihlah hosting panel yang mendukung software yang Anda gunakan. Lihatlah daftar aplikasi yang kompatibel. Ketidakserasian akan menghambat kerja Anda di masa depan.

5. Harga Terjangkau

Sesuaikan anggaran Anda dengan biaya panel hosting. Jika anggaran sangat terbatas cari saja yang gratis (jangan tanggung). Pilihlah hosting panel yang memenuhi kebutuhan bukan yang terbaik.

6. Dukungan Keamanan

Keamanan yang rutin diperbaharui merupakan faktor penting. Karenanya Anda harus memilih hosting panel yang menjamin stabilitas dan keamanan.

Control Panel Hosting Populer

Berikut adalah lima control panel hosting populer yang bisa Anda pilih.

1. cPanel




control panel hosting cpanel
Hosting control panel satu ini hanya tersedia pada sistem operasi Linux. Hampir semua pemerhati dunia web memasukkan cPanel dalam daftar hosting control panel yang populer. Hosing control panel ini cocok untuk Anda para pemula dan pengembang yang memilih fungsi konsol daripada desain yang terlihat mengesankan. Terdapat beragam fitur yang dapat dengan mudah Anda akses dalam satu halaman.
Beberapa fitur utama cPanel adalah pengaturan nama domain, registrasi, dan transfer, manajemen email dan spam, fitur keamanan dari mulai pemblok IP hingga proteksi leech, pemonitor performa server, file manager dan FTP users creation, dan backup. Pengoperasian cPanel tidak sulit. Anda hanya memerlukan beberapa klik agar operasi dapat dilakukan. Terdapat deskripsi singkat yang menjelaskan masing-masing opsi.
Jika menggunakan layanan Niagahoster, Anda akan mengelola hosting Anda dengan cPanel. Jadi bisa dibayangkan betapa mudahnya mengelola hosting di Niagahoster!
KONFIGURASI:
Step 1: Login ke Cpanel hosting. Kamu juga bisa Login Cpanel lewat member area, melalui tutorial berikut ini > Tutorial Login Cpanel lewat member area.
Konfigurasi Cpanel
Tampilan halaman login CPanel

Step 2: Pada menu Database, pilih MySQL Database
Konfigurasi Cpanel
Pada menu database > MySQL Database

Step 3: Buat database, kemudian klik button Create Database
Konfigurasi Cpanel
Buat database baru dengan pilih Create Database

Step 4: Isikan username dan password  pada form database user, kemudian Klik Create Database
Konfigurasi Cpanel
Masukkan username dan password

Step 5: Untuk menghubungkan antara database server dan user, menggunakan Add User To Database. Kemudian klik button Add.
Konfigurasi Cpanel
Gunakan add to user database

Step 6: Centang All Privileges , kemudian klik button Make Changes
Konfigurasi Cpanel
Pada previleges, centang semua menunya

Step 7: Setelah selesai konfigurasi database , buka website http://namawebsite.com/wp-admin/install.php untuk memulai akses dan melakukan instalasi. Kemudian isi di setiap form dengan valid dan benar. Jika sudah klik Button Install WordPress
Konfigurasi Cpanel
Setelah isi semua form > Install WordPress

Step 8: Berhasil! Jika proses instalasi sudah selesai, maka tampilan seperti dibawah ini.
Konfigurasi Cpanel
Jika sudah selesai, tampilannya akan seperti berikut

2. Plesk




control panel hosting plesk
Plesk adalah hosting control panel populer, terutama di kalangan penyedia hosting Eropa. Panel ini dapat digunakan pada Windows dan Linux. Bersama cPanel, Plesk adalah hosting control panel yang paling banyak digunakan. Interface Plesk sederhana dan cukup intuitif sehingga Anda tidak aka mencari tool apa yang akan digunakan. Plesk dilengkapi dengan automaton yang bervariasi. 
Automaton-automaton tersebut akan menghemat waktu dan sumberdaya Anda. Akibatnya, Anda akan fokus langsung pada pembangunan website. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan perawatan server. Plesk memiliki fitur unik berbentuk login levels. Terdapat 4 tingkat pada fitur tersebut dimana masing-masing tingkat memiliki perbedaan isi. Ke-4 tingkatan tersebut adalah Mail User, Domain Owner, Client/Reseller, dan Administrator.
KONFIGURASI:

1. Kunjungi https://[ip_address]:8443


2. Login menggunakan username root dan password yang root yang telah didapat



3. Setelah Anda login pada Plesk Panel, pada menu View Selector pilih salah satu dari kebutuhan yang digunakan



Pada contoh di atas, kami menggunakan pilihan untuk Corporate/Perusahaan dan pilihan interface Power User View.

4. Lakukan konfigurasi pada menu berikut


Untuk intstruksi pengisiannya:
  • Isikan Full Hostname dengan domain utama yang ingin digunakan (contoh: kilat.plesk.id).
  • Default IP Address diisikan dengan IP Kilat Plesk.
  • Password diisikan dengan password yang diinginkan atau password root.

CREATE ADMINISTRATOR
Pada Halaman ini dibutuhkan informasi pemilik Kilat Plesk. Data yang diisikan pada halaman ini akan digunakan sebagai data administrator.



CREATE WEBSPACE
Isikan data-data berikut untuk membuat webspace pada layanan Kilat Plesk.
Setelah semua isian sudah diisi dengan benar dan sesuai, klik OK dan tunggu beberapa saat, Kilat Plesk milik Anda sudah dapat digunakan.

3. Direct Admin




Direct Admin adalah salah satu hosting panel yang termudah dan tercepat. Selain itu, hosting panel satu ini juga cukup stabil. Direct Admin tersedia untuk Linux. Direct Admin mendukung akses multi level, dari mulai Administrator, User, hingga Reseller. Panel ini cocok digunakan untuk para pemula atau Anda yang tidak memerlukan pengaturan tingkat lanjut yang kompleks.
Anda tidak perlu memiliki kemampuan yang khusus dalam bidang IT untuk dapat mengoperasikan hosting panel satu ini. Beberapa fitur dan opsi pengaturan yang tersedia pada Direct Admin adalah manajemen DNS, pembuatan database, pembuatan manajemen, pembuatan backup, akun reseller, dan manajemen file. Direct Admin juga menyediakan statistik pengguna dan memiliki tool anti-spam.\
KONFIGURASI:

1 – Login ke DirectAdmin Melalui Portal Pelanggan

Untuk dapat mengakses halaman DirectAdmin Control Panel sahabat Qwords bisa login ke halaman https://portal.qwords.com login dengan email dan juga password yang di gunakan untuk proses pendaftaran hostingnya.
Setelah berhasil login, sahabat Qwords bisa memilih menu service > dan pilih pada hosting yang menggunakan DirectAdmin Control Panel, makan sahabat Qwords akan di arahkan ke halaman detail informasi hosting dari hosting yang sahabat Qwords miliki dengan tampilan kurang lebih sebagai berikut :

Pada tampilan di atas sahabat Qwords bisa memilih menu Login to DirectAdmin, dan sahabat Qwords sudah dapat mengakses dan mengelola DirectAdmin Control panel

Cara 2 – Login ke DirectAdmin Melalui DirectURL

Carakedua yang bisa sahabat Qwords lakukan adalah dengan mengakses langsung / direct url ke halaman login DirecAdmin, untuk itu sahabat Qwords bisa mengakses url http://namadomain[port]2028, atau seperti contoh berikut ini :
http://namadomain.xyz:2082 
Login dengan username dan password yang kami kirimkan melalui email yang terdaftar dengan Subjek Email [PENTING] Informasi Login Hosting, Sampai disini tahapan untuk login ke halaman DirectAdmin Control panel sudah selesai.

4. Webmin




Webmin memang bukan untuk Anda yang memprioritaskan kesederhanaan dan kemudahan. Untuk pemula, Anda tidak akan langsung menguasai hosting panel ini. Webmin cocok bangi Anda yang senang mengulik konfigurasi yang tepat untuk mengoperasikan fitur dan opsi yang tersedia. Dalam pengoperasiannya, Webmin ini menyediakan panel sesuai yang akan menyesuaikan dengan fungsi dan jenis hosting.
Tiga tipe hosting pada hosting panel ini adalah Usermin, Cloudmin, dan Virtualmin. Usermin digunakan untuk manajemen email, password, dll. Cloudmin digunakan untuk manajemen server virtual. Virtualmin digunakan untuk manajemen virtual hosts. Webmin ini gratis dan tersedia untuk pengguna Linux, Solaris, dan sistem BSD. Webmin dapat digunakan di Windows dengan opsi dan fungsi yang terbatas.
KONFIGURASI:

ketikkan :
 #wget http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin_1.900_all.deb
Setelah itu Enter, maka proses download akan berjalan


Setelah itu install Webmin yang sudah didownload tadi dengan cara
 #dpkg -i webmin_1.900_all.deb


Nah Setelah itu buka web browser kalian dan ketikkan
 [ipserver]:10000
jadi
 192.168.24.4:10000
jika muncul "Connection not secure" silahkan klik advance


 maka akan dilanjutkan muncul login seperti dibawah ini, silahkan masukkan username dan password server kalian setelah itu klik login



Jika berhasil maka akan muncul seperti ini

5. ISPmanager




ISPmanager adalah hosting panel yang memiliki tampilan dan desain yang sederhana. Sepintas, hosting panel ini memang terlihat sangat standar jika dibandingkan dengan hosting panel lain. ISPmanager tersedia untuk pengguna Linux. Terdapat 2 versi hosting panel ini. Versi pertama adalah versi Lite dengan fitur-fitur dasar yang bisa Anda temukan pada hosting panel pada umumnya. 
Versi kedua adalah versi Business yang baik untuk multiple shared hosting reseller. Untuk urusan fitur, ISPmanager dilengkapi fitur yang hosting panel yang umum. Versi Lite dapat digunakan untuk manajemen server web, pembuatan pengguna dengan level akses yang berbeda, melakukan import data, dll. ISPmanager sangat populer dan banyak digunakan oleh perusahaan hosting di Eropa Timur.
Kebanyakan control panel hosting memang tersedia untuk Linux. Untuk pengguna Windows, tampaknya Anda harus puas dengan pilihan yang terbatas. Masing-masing panel hosting memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sulit menentukan mana yang terbaik. Pada akhirnya Anda lah yang akan menentukan mana yang terbaik untuk Anda. Yang pasti panel hosting tersebut akan mempermudah dan mempercepat kerja Anda.
KONFIGURASI:
Setelah Anda membeli layanan Web hosting dengan control ISPmanager di unmetered.co.id, maka anda akan menerima rincian username dan password untuk login ke control panel hosting ISPmanager. Berikut tampilan dashboard control panel ISPmanager :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANCAMAN KEAMANAN JARINGAN

    ANCAMAN KEAMANAN JARINGAN a)       DOS/DDOS Merupakan bentuk serangan pada jaringan yang dapat menghabiskan sumber daya. b)       Paket Sniffing Prinsip dasarnya pencurian  jenis ini adalah bahwa semua koneksi ethernet yang bersifat broadcast. c)       IP Spoofing              Model serangan yang bertujuan untuk menipu seseorang. Dilalui dengan cara mengubah alamat asal sebuah paket sehingga dapat melewati firewall yang telah dipasang. jika ingin tahu apa saja ancaman yang ada pada keamanan jaringan silahkan klik link: https://fileku.co/sSK7AI

KONFIGURASI SISTEM KEAMANAN JARINGAN LINUX/FREEBSD

KONFIGURASI SISTEM KEAMANAN JARINGAN LINUX/FREEBSD PENGERTIAN FreeBSD adalah sebuah operating system nonkomersial yang biasa kita sebut freeware, gratisan.tetapi tidak semua yang gratisan itu kualitasnya lebih jelek dari yang berbayar, hal itu dibuktiin sama sahabat kita ini. Bahkan sebuah situs yang namanya tidak bisa disebutin membandingkan semua hal baik performance, security, kompabilitas de el el antara FreeBSD dengan linux (gratisan juga nih), memberikan angka memuaskan untuk 8 katagori ditambah 2 katagori standar buat FreeBSD, sedangkan linux cukup dengan 4 katagori memuaskan, 4 standar, dan 2 mengecewakan. Jika dibandingkan dengan yang berbayar seperti vista, FreeBSD masih tetap unggul. 1994. FreeBSD merupakan sistem operasi open source yang tangguh untuk keamanan jaringan maupun server. Jika ingin tau lebih lanjut silahkan klik link : https://fileku.co/vAgjyi

Fingerprint

FINGERPRINT Pengertian Fingerprint Fingerprint adalah sebuah alat elektronik yang menerapkan sensor scanning untuk mengetahui sidik jari seseorang guna keperluan verifikasi identitas. Sensor Fingerprint seperti ini digunakan pada beberapa peralatan elektronik seperti smartphone, pintu masuk, alat absensi karyawan dan berbagai macam peralatan elektronik yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi, dan hanya bisa di akses oleh orang-orang tertentu saja. Sebelum sensor Fingerprint ditemukan, dahulu  sebuah data  di amankan dengan menggunakan password atau ID, ada juga yang menggunakan pola guna mengamankan suatu data. Jika ingin tau lebih lanjut silahkan klik link :  https://fileku.co/ztjxfX